7 Cara Efektif Untuk Self Healing

Spread the love

Perasaan putus asa dan berlangsung lama bisa membuat kalian berada di dalam situasi depresi maka salah satu cara untuk menyegarkan pikiran dengan berlibur ke Pulau Tidung ataupun melakukan aktivitas seru lainnya.

Berbicara mengenai depresi tentunya ini tidaklah baik karena akan berpengaruh ke kesehatan mental dan fisik. Bahkan banyak masyarakat yang tidak menyadari ketika dirinya tengah mengalami depresi dan menganggap hal ini sebagai sesuatu yang lumrah.

Orang dengan gangguan depresi akan mengalami gangguan pada keadaan fungsional, emosi, motivasi, dan tingkah laku. Supaya tidak menimbulkan risiko dengan lebih jauh lagi maka kalian dapat melakukan self healing yang bisa dijadikan sebuah proses di dalam menyembuhkan luka batin.

Cara Self Healing

Untuk kalian yang merasa kebingungan mengenai bagaimana cara melakukan self healing yang baik dalam menyembuhkan batin yang lelah maka simak informasinya berikut ini.

·         Berdamai dengan keadaan

Cara pertama yaitu cobalah berdamai dengan keadaan karena dapat menyembuhkan luka batin. Kembali mengingat mengenai peristiwa buruk yang membekas di hati terkadang tidak terhindarkan karena semua orang berhak marah akan hal tersebut.

Orang yang sangat terluka pasti tidak akan mudah di dalam melupakannya. Namun menyalahkan keadaan pada semua peristiwa buruk dapat dibenarkan? Lantas mengutuk keadaan bisa membuat batin menjadi tenang? Jawabannya tidak.

Lebih bijak jika kalian berdamai dengan keadaan. Lalu menerima seluruh keadaan yang menimpa tadi sebagai guru kehidupan dan menempa kalian menjadi seorang pribadi yang lebih baik lagi.

·         Tempatkan masa lalu di tempatnya

Semua orang pastinya memiliki kisah masa lalunya masing-masing dan tidak sedikit yang mempunyai masa lalu kelam sehingga membuat kalian saat ini tidak tenang. Namun kalian tidak dapat mengubah peristiwa yang sudah terjadi.

Tentunya sebagai manusia dapat dilakukan hanya mengubah respons kalian terhadap masa lalu. Maka jadikanlah masa lalu tadi menjadi guru yang mendewasakan. Masa lalu ada bukan menjadi hal yang harus disesali namun untuk dimaknai.

Memaknai kembali suatu pengalaman di masa lalu dengan memberikan respons positif akan sangat membantu di dalam penyembuhan luka batin.

·         Menulis ekspresif

Menulis mempunyai kekuatan dan menulis ekspresif berguna mengutarakan perasaan yang tengah dialami. Segala macam emosi yang tengah dirasakan bisa kalian tuangkan dalam bentuk tulisan dan itu akan sangat membantu kalian dalam melihat masalah melalui sudut pandang lainnya.

Masing-masing orang merupakan penyembuh terbaik untuk dirinya sendiri. Setiap luka batin dan masa lalu kelam, kegagalan hidup, pengalaman pahit merupakan sebuah peristiwa.

Masing-masing peristiwa dapat disikapi dengan cara bijaksana dan setiap luka membekas bisa disembuhkan. Anggaplah sesuatu yang buruk tadi merupakan bagian dari ujian kehidupan.

·         Meningkatkan self-compassion

Self-Compassion adalah kemampuan memahami keadaan emosi untuk diri sendiri serta respons emosi terhadap penderitaan yang tengah dialami yang disertai dengan keinginan menolong diri sendiri. Jadi melalui self-compassion ini maka seseorang bisa memahami dirinya sendiri.

Self-compassion dapat membuat seseorang memaknai pengalaman tidak menyenangkan dengan memakai emosi yang berbeda. Artinya dengan meningkatkan self-compassion tadi maka kalian bisa melihat suatu ketidaknyamanan menjadi hal yang lebih positif.

Bahkan kalian juga bisa melakukan perjalanan ke Pulau Tidung sendirian. Nantinya kalian bisa lebih memaknai hidup dan melihat segala macam sesuatu dari sisi positifnya.

·         Mindfulness

Mindfulness yaitu berpikir menggunakan kesadaran penuh yang mana memaknai setiap peristiwa dan kejadian yang tengah kalian alami secara lebih sehat. Mindfulness dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya mencari tempat yang tenang dan memejamkan mata.

Fokuslah pada diri sendiri serta segala macam pikiran yang kalian miliki. Tentunya dengan penuh rasa kesadaran kalian bisa memahami pergulatan emosi di dalam diri. Lakukan kegiatan ini secara rutin karena akan memberikan dampak yang lebih bagus.

·         Me time

Masalah yang belum terselesaikan pada sebagian orang pada umumnya berkaitan dengan hadirnya orang lain. Jadi me time akan sangat berguna dalam membuat orang memikirkan dirinya terlebih dahulu. Sehingga bagaimanapun orang lain di dalam memperlakukannya maka kalian masih dapat memilih untuk bahagia.

Ketika seseorang terlalu sibuk untuk memikirkan orang lain maka kalian akan lupa dalam memikirkan diri sendiri. Jadi me time ini sangatlah penting dan membuat kalian merasa lebih bermakna dan pikiran menjadi lebih tenang.

·         Berdialog bersama diri sendiri

Cara lain yang dapat dilakukan yaitu berdialog dengan diri sendiri. Bicaralah untuk diri sendiri mengenai apa yang diinginkan dan jujur kepada diri sendiri tentunya akan lebih baik dibandingkan melampiaskan perasaan buruk kalian kepada sesuatu.

Jadi itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan self healing. Jangan lupa sempatkan liburan ke Pulau Tidung untuk mengeraskan dan menjernihkan pikiran dari perasaan stres akibat rutinitas harian yang sangat monoton.