Cara Mendapatkan Inspirasi Baru Untuk Berkarya

Spread the love

Industri kreatif dapat dikatakan sebagai dunia penuh persaingan berbagai jenis ide. Ide yang out of the box merupakan kunci supaya karya bisa diterima publik sehingga untuk mendapatkan ide yang baru jangan lupa luangkan waktu ke Pulau Pari atau tempat lainnya untuk mencari inspirasi.

Tidak dipungkiri sebagai seorang pekerja kreatif terkadang kalian bisa menemukan ide secara mudah. Namun terkadang ide tadi sangatlah sulit untuk diperoleh karena kalian menemukan jalan buntu. Dampaknya tentu saja kalian terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk berpikir saja.

Ketika mengalami kondisi tersebut sebenarnya kalian sedang memerlukan suatu inspirasi. Inspirasi tadi bisa diartikan sebagai suatu perasaan antusias yang diperoleh melalui seseorang ataupun sesuatu yang bisa memberikanmu suatu ide baru yang baru dan kreatif.

Tips Mendapatkan Inspirasi

Untuk memperoleh inspirasi nyatanya terdapat banyak cara yang dapat dicoba. Kalian dapat memilih yang termudah ataupun mencoba banyak cara sampai menemukan jalan paling efektif. Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa diperoleh dalam memperoleh inspirasi ketika tengah berkarya.

1.    Mengobrol dengan orang dari banyak latar belakang

Ketika pikiran tengah menemukan sebuah jalan buntu maka jangan pernah biarkan diri sendiri larut di dalam kesendirian. Segera temukan orang yang bisa kalian ajak untuk bertukar pikiran, kalian dapat memilih orang-orang yang sekiranya bisa memberikan sebuah pengetahuan, perspektif baru dan inspirasi.

Orang-orang tadi bisa keluarga, kolega dan teman. Terkadang inspirasi juga bisa diperoleh dari obrolan ringan dengan orang lain yang kalian temui ketika di dalam perjalanan. Maka tidak ada salahnya jika kalian lekas keluar rumah dan pergi mengunjungi tempat baru.

Lingkungan baru bisa memicu timbulnya suatu inspirasi baru melalui orang-orangnya atau suasananya. Jadi jangan ragu untuk melakukan perjalanan dan mencari suasana baru supaya pikiran lebih terbuka dalam menemukan inspirasi.

2.    Menjelajahi Internet

Ini merupakan cara paling mudah yang dapat kalian lakukan ketika ingin menemukan inspirasi. Hanya memanfaatkan gawai serta jaringan internet maka kalian bisa dengan mudah mencari berbagai informasi yang berhubungan dengan konsep ide yang dibutuhkan.

Kalian dapat menemukannya dengan cara membaca blog favorit, melakukan riset terhadap yang orang lain lakukan pada bidang, atau bahkan hanya membaca kutipan inspiratif saja yang bisa membakar semangat untuk terus berkarya.

3.    Menyiapkan buku catatan dan tuliskan ide kapan saja

Tidak dipungkiri pada suatu waktu akan terlintas banyak sekali ide yang ada di kepala. Berbagai macam ide tadi mungkin tidak seluruhnya akan cocok diterapkan pada proyek kalian saat itu. Namun bisa jadi akan menjadi suatu inspirasi pada kemudian hari.

Maka untuk mengantisipasinya selalu siapkan buku catatan berukuran kecil. Sehingga ketika sedang melakukan apa pun bahkan ketika melakukan liburan di Pulau Pari dan mendapatkan ide bisa langsung menuliskannya.

4.    Menonton Film

Semakin berkembangnya industri perfilman maka berdampak pula pada banyak film berkualitas yang dihasilkan. Film-film tadi bisa kalian lihat untuk memperoleh inspirasi dan terdapat banyak genre yang bisa kalian pilih disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Sebagai contoh ketika kalian ingin menjadi seorang chef terkenal maka carilah film yang mengusung konsep tersebut. Tujuannya agar kalian dapat dengan mudah menemukan inspirasi dari tokoh utamanya.

5.    Berendam di kamar mandi

Terdapat beberapa alasan yang mendasari kenapa berendam bisa berdampak dalam menemukan inspirasi. Pertama ketika seseorang ada di kamar mandi maka akan merasa lebih rileks dan di sana hormon dopamine akan banyak dilepaskan.

Dopamine adalah zat kimia yang ada di dalam otak sehingga bisa memicu perasaan baik jadi seseorang nanti akan lebih mudah di dalam memunculkan kreativitas.

Alasan lainnya ketika ada di kamar mandi maka kalian akan membiarkan otak untuk bersantai serta tidak mengisinya dengan banyak hal-hal serius. Maka dari itu ide baru akan banyak berkeliaran guna mengisi kekosongan yang ada di ruang otakmu.

6.    Mendekor ulang kamar

Ketika pikiran tengah suntuk maka itu suatu pertanda jika kalian memerlukan suasana baru bagi kamar tidur. Kalian dapat menata ulang kamar ataupun mengganti suasana dengan memakai tema yang mampu membuat kalian lebih rileks.

Sebagai contoh bagi kalian yang senang dengan gaya minimalis, terdapat banyak referensi ide untuk dekorasi kamar yang dapat diaplikasikan. Konsep tadi umumnya akan didominasi dengan warna seperti abu-abu, putih, beige dan lainnya yang bisa membawa kenyamanan.

7.    Istirahat sejenak

Jangan memaksakan diri supaya terus produktif, maka tidak ada salahnya kamu beristirahat sejenak sembari menyegarkan pikiran. Kalian bisa memanfaatkan waktu dengan berjalan-jalan, berbelanja ataupun bermain dengan teman.

Bahkan kalian bisa mengisinya dengan kegiatan lainnya yang tentunya nyaman untuk dilakukan. Ketika pikiran menjadi tenang, berbagai ide baru akan muncul sehingga kalian akan merasakan semangat kembali di dalam menghasilkan sebuah karya.

8.    Kembali ke alam

Untuk kalian yang tinggal di kota besar tentunya bertemu dengan kemacetan ataupun keramaian setiap harinya bisa membuat pikiran menjadi tidak karuan. Maka dari itu keindahan serta keasrian alam sangat diperlukan supaya pikiran menjadi segar dan mudah dalam memperoleh inspirasi.

Kalian bisa menentukan lokasi alam yang tentunya sesuai preferensi entah itu mendaki gunung, piknik di taman kota, menikmati pantai dan lainnya.

Jika memungkinkan sempatkan untuk melakukan liburan ke Pulau Pari yang terkenal akan keindahannya. Untuk ke sana kalian bisa pergi sendirian ataupun ikut dalam travel agent untuk pergi bersama dengan teman.

Keuntungan berlibur menggunakan travel agent yaitu kalian tidak perlu repot-repot mengurus berbagai macam keperluan seperti hotel, transportasi, dan lainnya karena travel agent akan mengurus itu semua.

Jadi itulah beberapa hal yang bisa kalian lakukan guna mendapatkan inspirasi sehingga pikiran menjadi lebih terbuka sehingga ide baru akan banyak kalian peroleh.

Mendapatkan Inspirasi Baru Itu Penting

Kalian tentunya paham inspirasi di dalam menjalankan kehidupan sangat penting terlebih lagi jika bidang pekerjaan kalian di dalam industri kreatif. Hadirnya inspirasi tadi akan membuat energi semakin positif dan hari-hari akan terasa lebih menyenangkan.

Ketika pikiran selalu dipenuhi dengan inspirasi baru maka kalian menjadi lebih kreatif dalam menjalankan berbagai aktivitas terkait dengan pekerjaan bahkan kehidupan sehari-hari. Ketika merasa buntu jangan terlalu dipaksakan namun istirahatlah sejenak sembari mempraktikkan cara mendapatkan inspirasi yang sudah dijelaskan di atas.

Terlebih untuk yang bekerja di bidang industri kreatif harus selalu mendapatkan inspirasi baru supaya tidak tertinggal di dalam industri tadi. Maka jangan lupa untuk terus segarkan pikiran dengan berbagai aktivitas menyenangkan seperti berlibur ke Pulau Pari.

Jika sampai kalian tidak memiliki inspirasi baru maka karya yang dihasilkan terkesan monoton sehingga membuat para audiens merasa bosan dan akibatnya karya yang dihasilkan akan ditinggalkan karena tidak diminati. Usahakan memberikan sesuatu yang baru dan segar agar audiens merasa tertarik dengan karya yang dibuat.