Manfaat Family Time untuk Keluarga

Spread the love

Pada saat usia produktif, sebagian besar dari kalian akan menghabiskan waktu bekerja serta mencari nafkah untuk menghidupi keluarga. Hal tersebut tidak hanya dilakukan dalam memenuhi kewajiban sebagai orang tua ataupun anak namun juga sebagai ungkapan rasa cinta kepada keluarga.

Tidak hanya pemenuhan secara materiil akan tetapi hal penting lainnya yang dilakukan sebagai ungkapan cinta kalian kepada anak dan pasangan yaitu family time. Hal tersebut mempunyai banyak manfaat yang bisa dirasakan baik saat ini ataupun di masa depan.

Family time tidak perlu selalu keluar rumah serta menghabiskan banyak uang. Terdapat banyak kegiatan bersama yang dapat dilakukan walaupun di rumah saja semacam aktivitas bercocok tanam, bermain di taman, memasak, menonton film dan aktivitas lainnya.

Walaupun terlihat sederhana akan tetapi hal itu sebenarnya tidak sesederhana kelihatannya. Mengingat kesibukan dari pekerjaan maupun kegiatan lain yang dilakukan maka meluangkan waktu untuk melakukan family time rasanya cukup sulit untuk dilakukan.

Manfaat Family Time Dilihat Secara Umum

Melakukan aktivitas dengan keluarga bisa membantu mempererat ikatan di antara anggota keluarga serta melepaskan kepenatan setelah lelah bekerja. Ketika meluangkan waktu untuk family time, risiko bahwa seseorang terkena stres bisa berkurang dan hubungan kalian dengan keluarga menjadi semakin erat serta hangat dikarenakan akan sering berkomunikasi dengan terbuka.

Manfaat Family Time untuk Pasangan

·         Hubungan semakin harmonis

Family time bisa menjadi suatu jawaban serta kesempatan saling memberikan yang namanya quality time yang diperlukan satu dengan lainnya. Bukan hanya perihal keterbukaan komunikasi saja, tentunya waktu yang diluangkan serta dinikmati bersama dengan pasangan menjadi sebuah kunci hubungan harmonis di dalam keluarga.

Menghabiskan waktu bersama pasangan lewat quality time bisa meningkatkan kebersamaan serta kedekatan. Tidak hanya itu saja akan terdapat banyak waktu yang bisa dihabiskan bersama pasangan bisa mengurangi tingkat stres sampai mengurangi potensi konflik di antara pasangan.

Tentunya jika kondisi hubungan membaik, maka anak-anak bisa mengambil contoh yang baik pula. Sehingga mereka bisa berkomunikasi bersama orang tua serta sekitarnya menggunakan cara yang baik.

·         Melegakan pikiran

Kesibukan ketika bekerja bisa membuat pikiran menjadi tidak jernih. Hal tadi bisa sangat merugikan kesehatan secara fisik maupun psikis.

Walaupun terlihat sederhana, menghabiskan waktu bersama keluarga dengan family time secara rutin bisa membantu untuk menjernihkan pikiran. Hal itu karena kalian bisa melihat keluarga tersenyum dan tertawa sehingga bisa mengurangi depresi, stres, meningkatkan kekebalan tubuh, dan kondisi tadi baik bagi kesehatan jantung.

·         Waktu Yang Tepat Dalam Mengajarkan Anak

Rumah serta keluarga merupakan tempat anak akan bertumbuh serta mempelajari banyak hal yang nantinya akan diterapkan kepada lingkungan sekitarnya ketika mereka bersosialisasi. Kalian dapat memanfaatkan family time dalam memberikan contoh yang bagus serta mengajarkan banyak hal kepada buah hati terutama hal-hal yang berkaitan dengan simpati, empati dan etika.

Manfaat Family Time Bagi Anak

·         Merasakan kasih sayang serta perhatian orang tua

Tentunya menghabiskan waktu dengan anak maka buah hati akan merasa lebih diperhatikan serta memperoleh kasih sayang yang dibutuhkan dan diinginkan terutama setelah seharian penuh kalian sibuk bekerja serta melakukan kegiatan di luar rumah.

Anak-anak yang memperoleh waktu bersama dengan keluarga akan menunjukkan risiko lebih kecil di dalam mengalami masalah perilaku.

·         Lebih terbuka mengenai isi hatinya

Seiring pertumbuhan tentunya perilaku dan perasaan anak mengalami perkembangan dan tidak jarang anak akan merasakan kebingungan atas berbagai hal yang sedang dialami. Meluangkan waktu bersama dengan keluarga tentu saja membuat anak bisa mengutarakan mengenai sebenarnya apa yang sedang dirasakannya.

Anak akan menyampaikan keluh kesah hingga berbagai pertanyaan yang tidak bisa dipahami kepada orang tuanya sehingga dengan begitu buah hati akan merasakan nyaman dan aman.

·         Meningkatkan kecerdasan sosial

Sejak anak membuka mata di dunia sampai tumbuh menjadi dewasa tentu saja keluarga merupakan pusat pembelajaran sosial utama. Keharmonisan keluarga bisa dijaga dengan melakukan family time sehingga itu jadi alternatif jalan keluar bagi emosi anak yang tengah terpendam, jadi anak bisa menerapkan contoh yang baik untuk kehidupan sosialnya di masa akan datang.

Anak akan meniru apa yang dilakukan orang tua dan lingkungan dia tumbuh selama ini akan mempengaruhi kecerdasan sosial anak. Maka sebagai orang tua memang kalian haruslah bijaksana dan cerdas di dalam memberikan contoh untuk hubungan sosial yang baik.

Jika anak tumbuh di lingkungan sosial yang kurang baik maka akan berdampak negatif kepadanya. Maka sesibuk apa pun kalian jangan pernah melewatkan waktu untuk melakukan family time, tinggalkan kesibukan sejenak dan mari saling memahami satu sama lain.

Jadi itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika melakukan family time. Tentunya ini menjadi suatu bukti cinta untuk keluarga dan diri sendiri.