5 Tips Staycation Nyaman Bersama Anak

Spread the love

Staycation menjadi sebuah alternatif yang banyak dipilih para wisatawan untuk berlibur melepaskan penat. Terlebih lagi semenjak adanya pandemi COVID-19 dan menyebar ke hampir seluruh dunia termasuk juga Indonesia. Hal itu mengakibatkan orang-orang tidak bisa bepergian jauh hanya untuk berlibur.

Sehingga staycation ini banyak dipilih untuk menghabiskan waktu dengan keluarga. Hal ini karena kalian tidak perlu bepergian jauh dikarenakan hotel tersebar hampir dimana-mana. Bahkan saat ini banyak online travel agent yang memberikan promo untuk kalian yang ingin staycation.

Cara liburan yang satu ini banyak dijadikan pilihan karena memang sangat ramah anak, terutama bagi kalian yang sudah mempunyai anak maka liburan dengan cara ini sangat pas. Sebagai contoh sudah ada hotel yang menyediakan tenda dalam kamar dengan fasilitas khusus untuk bermain anak di sekitar lobby jadi anak semakin betah untuk menginap.

Tips Staycation Bersama Anak

Walaupun sekarang sudah banyak tersedia fasilitas pendukung yang disediakan pihak hotel untuk membuat anak-anak nyaman. Tetap saja terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat staycation terlebih jika membawa anak. Adapun tips staycation tetap menyenangkan ketika bermain bersama anak sebagai berikut.

1.    Pilih lokasi strategis

Ketika memutuskan akan melakukan staycation bersama dengan anak pastikan jika hotel yang dipilih lokasinya strategis. Kalian bisa memilih lokasi hotel yang berdekatan dengan pusat kota maupun tempat wisata.

Hal ini dilakukan supaya kalian tidak merasakan kesusahan jika terjadi sesuatu yang mendesak seperti butuh untuk membeli kebutuhan darurat bagi anak. Hotel yang lokasinya dekat dengan tempat wisata bisa memudahkan kalian untuk melakukan wisata tanpa harus bermacet-macetan.

Beberapa tempat yang dapat kalian pilih serta ramah anak yaitu Bogor. Kota tersebut memiliki banyak destinasi yang ramah anak seperti Museum of Zoology, Kebun Raya Bogor, Taman Wisata Matahari dan Taman Safari Indonesia.

2.    Pilih hotel dengan fasilitas anak

Selanjutnya yaitu kalian dapat memilih hotel dengan fasilitas khusus anak. Hal itu sangat penting supaya anak merasakan betah berada di hotel dan dapat bermain dengan puas tanpa perlu pergi jauh serta menjaga jarak dengan yang lainnya.

Sekarang sudah banyak hotel dengan fasilitas ramah anak. Salah satu fasilitas tadi berupa tenda di dalamnya. Jadi buah hati akan merasa senang menginap dengan merasakan suasana kamping di dalam kamar.

Lalu ada hotel juga yang menghadirkan fasilitas berupa kebun binatang mini bagi para tamu yang membawa anak untuk menginap. Di dalam kebun binatang tadi kalian akan bisa melihat banyak hewan seperti keledai, burung sampai taman kelinci.

3.    Libatkan anak dalam perencanaan

Tips selanjutnya yaitu kalian dapat mengajak anak di dalam merencanakan kegiatan liburan tadi. Libatkan sang buah hati di dalam aktivitas yang akan dilakukan ketika staycation supaya buah hati menjadi lebih bersemangat.

Contoh sederhananya yaitu mengajarkan apa yang buah hati inginkan ketika sampai di hotel maupun destinasi wisata yang ingin dikunjungi di sekitar hotel. Tanyakan juga mengenai barang yang akan buah hati bawa ketika staycation serta libatkan anak di dalam menyiapkan berbagai barang keperluannya.

Selain Bogor salah satu destinasi yang juga ramah anak adalah Bandung. Tersedia banyak destinasi wisata khusus keluarga seperti Taman Kelinci Ciwidey, Observation Bosscha dan De Ranch Lembang yang sangat seru untuk dikunjungi.

Walaupun saat ini peraturan jaga jarak di tempat umum sudah mulai longgar pastikan untuk tetap menerapkannya. Hal tersebut seperti memakai masker, rajin mencuci tangan memakai sabun, membawa hand sanitizer dan lainnya.

4.    Melakukan aktivitas yang sebelumnya tidak pernah dilakukan

Anggaplah jika staycation tadi merupakan liburan yang sebenarnya dan jangan lupa untuk melakukan berbagai hal yang biasa dilakukan ketika berlibur ke berbagai tempat jauh. Ini tentunya akan sangat bermanfaat menghilangkan penat serta menambah kedekatan bersama anak.

Kalian juga dapat menghabiskan waktu bersantai di pinggir kolam renang ataupun berkeliling hotel hanya untuk menikmati suasana berbeda. Kalian dapat memilih hotel yang memberikan penawaran program bagi anak-anak serta keluarga semacam belajar berkebun, fasilitas outbound, dan membuat kerajinan bersama-sama.

5.    Membawa camilan

Hal yang sepertinya tidak akan berubah dan selalu ada ketika kalian berada di rumah maupun staycation yaitu camilan. Jangan lupa untuk membawa serta menyimpan camilan supaya buah hati tidak rewel ketika menginap nanti di hotel.

Walaupun sudah tersedia restoran di hotel namun akan sedikit sulit dalam menemukan camilan yang tepat bagi anak. Membawa camilan juga bisa menghemat biaya ketika menginap di hotel dengan anak.

Jadi bagaimana sudah cukup membantu bukan tips di atas. Jangan lupa diterapkan agar staycation bersama sang buah hati menyenangkan dan tetap aman. Intinya walaupun hanya menginap di hotel saja pastikan banyak kegiatan yang melibatkan anak ketika menginap supaya tidak bosan.